Senin Sampai Sabtu Jam 07.00 Sampai 16.00 Tanggal Merah Libur 0877 3630 5376 0817 7042 0744 087736305376
(pcs)

Macam – Macam Bahan Label Barcode

Tuesday, March 10th 2015.

desain logo

Jenis Jenis Label Barcode

       Label Barcode adalah Media yang digunakan untuk mencetak Barcode menggunakan Printer Barcode. Umumnya label barcode dikemas  dalam bentuk Roll. Jumlah Label Barcode dalam satu Roll tergantung ukuran Label itu sendiri,semakin kecil ukuran maka semakain banyak jumlah labelnya.
 
Sekilas label barcode ini tampak seperti stiker biasa saja, namun sebenarnya dibutuhkan jenis bahan tertentu agar stiker tersebut dapat dicetak menggunakan printer Barcode dan dapat ditempel dengan baik pada sebuah kemasan. Pemilihan material untuk label barcode sangat bergantung pada kegunaannya sendiri, misalnya untuk barang-barang elektronik seperti akan dibuat dari bahan yang kuat/awet sehingga tidak mudah rusak dan pudar. Sedangkan untuk kemasan barang di supermarket umumnya menggunakan kertas Vallum TTR, sedangkan untuk perparkiran sering memakai Thermal Label.
 
6803746
 
Ukuran sebuah label juga disesuaikan dengan fungsinya dan penempatan barang itu sendiri. Misalnya sebuah kemasan yang besar umumnya menggunakan barcode dengan ukuran yang besar pula sehingga lebih mudah dibaca oleh barcode scanner di dalam sebuah gudang penyimpanan, sekalipun dengan jarak yang cukup jauh.
 
Ukuran standard sebuah barcode (per pcs) adalah :
 
–   26 mm x 15 mm
–   33 mm x 15 mm
–   33 mm x 25 mm
–   48 mm x 33 mm
–   60 mm x 30 mm
–   76 mm x 35 mm
–   100mm x 50 mm 
 
 
 
 

Label Barcode dapat dibedakan berdasarkan tipe atau karakteristik bahan pembuat label itu sendiri, yaitu :

 
 1. Semi Coat
 
18
 
Semi Coat adalah label Barcode dengan karakteristik mempunyai semacam lapisan (coat) pada lapisan stiker paling atas. Lapisan ini berfungsi untuk menutup pori-pori pada kertas stiker agar pada saat mencetak barcode menggunakan printer barcode, unsur carbon ribbon dapat tercetak dengan sempurna. Lapisan ini menyebabkan label terlihat mengkilat dan lebih tahan terhadap cipratan air. Label barcode Semi Coat bisa dibilang label barcode yang paling ekonomis karena harganya lebih murah dibanding label barcode lainnya. Label ini cocok digunakan dengan menggunakan ribbon barcode type Excellent Wax.
 
 
 

2. Vallum TTL

 
Adalah label barcode dengan karakteristik yang tidak disertai lapisan pada bagian paling atas dari stiker. Hal ini menyebabkan label barcode jenis ini terlihat lebih putih dan bersih dibanding dengan label barcode Semi Coat. Hasil cetak dengan menggunakan label barcode type Vallum ini merekat lebih kuat dibandingkan dengan hasil cetak dengan menggunakan Semi Coat, karena unsur ribbon yang menempel di label diserap oleh label secara sempurna karena pori-pori label tidak tertutup oleh lapisan. Label ini menggunakan ribbon barcode tipe Excellent Wax sama seperti label barcode Semi Coat. Tetapi apabila terkena cipratan air, label ini lebih cenderung cepat rusak karena lapisan kertas stiker tidak terlindungi lapisan dan air langsung terserap oleh kertas stiker.
 
label-rolls
 
Ciri-ciri Label Barcode Vallum adalah sebagai berikut :
–  Mudah disobek
–  Hasil cetak bisa rusak apabila digosok secara keras
–  Harga termasuk paling ekonomis
–  Apabila terkena cipratan air lebih cepat rusak
–  Paling cocok dicetak menggunakan Ribbon Wax
–  Hasil cetak lebih kuat daripada Label Semicoated
 
3. Yupo
 
Adalah label barcode dengan karakteristik tahan air, tahan panas, dan anti sobek. Label ini cocok digunakan untuk penggunaan di luar ruangan (terkena terik matahari, air hujan dan udara terbuka). Label ini cenderung seperti bahan stiker hologram tetapi tidak mengkilat. Hasil cetak pada label barcode tipe Yufo ini tidak akan hilang meskipun kita gosok dengan kuat. Lem stiker pun lebih kuat dibanding dengan label barcode tipe Semi Coat dan Vallum. Ribbon barcode yang cocok digunakan dengan label ini adalah ribbon barcode dengan type Excellent Resin ( ribbon barcode dengan unsur wax paling rendah ). Dengan segala kelebihannya label barcode ini pun lebih mahal dibandingkan dengan label barcode tipe Semi Coat atau Vallum.
 
 
 YUPO_Synthetic_Paper
 
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)